skip to Main Content
0812 1206 5671 info@sewabispariwisata.co.id

Menghemat Dana Perjalanan Dinas dengan Jasa Sewa Bus Medium Jakarta

Di dalam dunia kerja dan media pemberitaan sering disebut-sebut istilah perjalanan dinas. Definisi dari perjalanan dinas adalah perjalanan yang diadakan oleh perusahaan bagi para karyawan atau petinggi perusahaan yang ditunjuk untuk melakukan program kegiatan kerja secara jelas dengan kepentingan memajukan perusahaan. Kegiatan kerja tersebut misalnya mengunjungi anak cabang, bertemu dengan klien tertentu, seminar, pengadaan program kerja sama, dan kegiatan kerja lainnya.

Seringkali perjalanan dinas kita sangkut pautkan dengan para anggota dewan pemerintahan yang kerap kali diberitakan sedang melakukan perjalanan dinas ke luar negeri. Padahal perjalanan di dalam negeri antar kota atau antar provinsi selama mengusung tugas dari perusahaan juga dapat disebut perjalanan dinas. Oleh karena itu secara umum perjalanan dinas dibagi menjadi dua yakni perjalanan dinas untuk PNS (Pegawai Negeri Sipil) dan perjalanan dinas untuk karyawan swasta. Keduanya memiliki kebijakan peraturan perjalanan masing-masing. Dalam hal melakukan perjalanan kelompok PNS dan kelompok swasta umumnya menggunakan jasa sewa bus medium Jakarta untuk menekan penggunaan dana.

Ketentuan Peraturan Perjalanan Dinas PNS dan Swasta

Membahas tentang perjalanan dinas untuk karyawan swasta biasanya sudah diatur dalam peraturan perusahaan, tercantum di kontrak kerja awal, atau dapat juga berasal dari keputusan/surat edaran direksi.

Sedangkan peraturan perjalanan dinas PNS dalam negeri tercantum dalam Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 113/PMK 05/2012, ini berlaku bagi para pejabat negara, pegawai negeri, atau pegawai tidak tetap.

Metode Pembagian Anggaran Dana Perjalanan Dinas

Bagi pihak Pegawai Negeri Sipil peraturan tentang tata cara pembayaran pelaksanaan APBN untuk perjalanan dinas tercantum dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 190/PMK 05/2012 dengan mengikuti Standar Biaya Umum yang sudah ditetapkan untuk kepentingan perjalanan dinas.

Untuk karyawan swasta pemberian anggaran dana perjalanan dilihat dari tinggi rendahnya jumlah kegiatan yang dilakukan. Transportasi apa saja yang digunakan. Semakin sering melakukan kegiatan maka ketentuan anggaran dana semakin perlu dibuat demi mengontrol pemakaian dana yang tepat dan mencegah mark up atau penyelewengan dana. Untuk mencegah pemborosan dana misalnya dari segi transportasi, sewa bus medium Jakarta dapat menjadi pilihan yang dapat mencakup seluruh peserta. Peraturan dibuat tentunya dengan melihat standar kemampuan perusahaan dalam faktor pembiayaan sesuai jenjang kedudukan pelaku perjalanan.


Info menarik lainnya: Sewa Bus Pariwisata Jakarta Lampung Lebih Menyenangkan Dibanding Pesawat


Kebijakan pembagian dana dilakukan berbeda-beda oleh setiap perusahaan. Pembagian dana tersebut dikelompokkan ke dalam 3 metode yaitu:

  1. Reimbursement

Metode reimbursement atau reimburse yaitu penggunaan dana pribadi terlebih dulu lalu kemudian setelah perjalanan selesai semua struk tagihan yang ada selama perjalanan diserahkan kepada perusahaan untuk selanjutnya terjadi penggantian dana pribadi kita oleh perusahaan.

  1. Cash Bon

Metode Cash Bon dilakukan dengan cara sebelum perjalanan dinas dilaksanakan perusahaan memberikan kita pegangan dana dengan total tertentu, baru kemudian setelah perjalanan selesai dilakukan perhitungan penggunaan dana yang telah diberikan di awal berdasarkan struk tagihan selama perjalanan.

  1. Lumpsum

Metode Lumpsum adalah dana yang diberikan kepada pelaku perjalanan dinas mengacu pada tabel biaya yang sudah dibuatkan berdasar perhitungan baku perusahaan. Metode ini tidak melihat struk tagihan selama perjalanan.

Jasa Sewa Bus Medium Jakarta untuk Keperluan Perjalanan Dinas

Jasa Sewa Bus Medium Jakarta untuk Keperluan Perjalanan Dinas

Mengadakan perjalanan dinas jarang sekali hanya melibatkan satu anggota saja. Umumnya melibatkan beberapa jumlah karyawan dan pejabat-pejabat perusahaan. Untuk menghemat anggaran biaya perjalanan dinas, salah satu pemakaian biaya yang dapat ditekan adalalah dari segi transportasi. Bila melakukan perjalanan antar kota, penggunaan bus pariwisata sangat efektif dan efisien untuk dapat menampung seluruh peserta perjalanan dinas. Jika jumlah peserta perjalanan melibatkan antara 20 – 30 peserta sebaiknya melakukan sewa bus ukuran medium untuk dapat menampung seluruh peserta dalam satu bus.

yang menyediakan jasa sewa bus medium Jakarta

Ada banyak perusahaan transportasi yang menyediakan jasa sewa bus medium Jakarta contohnya Bus Gracias dan Mustika Holiday. Bus ukuran medium yang disediakan oleh Bus Gracias dan Mustika Holiday dapat menampung kapasitas sebanyak 29 hingga 33 seat. Untuk mendapat ketentuan harga terbaik, rute perjalanan dan fasilitas yang ditawarkan dapat langsung mengunjungi website resmi mereka atau melihatnya di laman Produk kami.

Telepon Sekarang!
Back To Top
WhatsApp Ambil Diskon Rp 1.000.000 Di WA