skip to Main Content
0812 1206 5671 info@sewabispariwisata.co.id
Kursi Bus Pariwisata, Jumlah Dan Tipenya Menentukan Kenyamanan

Kursi Bus Pariwisata, Jumlah dan Tipenya Menentukan Kenyamanan

Bus pariwisata senantiasa memberikan pengalaman bepergian menyenangkan bagi para penumpangnya. Tentu semua itu karena keberadaan fasilitas bus yang begitu memadai. Terutama dari keberadaan seats atau bangku – bangku nan empuk dan tertata rapi. Menjadi unsur pokok terkait urusan kenyamanan pada sebuah bus, kualitas bangku begitu diperhatikan.

Penggunaan Reclining Seat Jadi Prioritas

Armada transportasi dalam kategori ini lazimnya selalu mengandalkan tipe bangku reclining seat. Tipe bangku tersebut menawarkan kenyamanan lebih baik karena sudut kemiringan sandarannya dapat diatur sesuai keinginan penumpang.

Pada beberapa model tak jarang juga terdapat bagian pijakan kaki dan ketinggiannya pun dapat disesuaikan kebutuhan pula. Sudah begitu dudukan tangan pun bisa ditekuk ke posisi tegak maupun mendatar sehingga memudahkan penumpang keluar – masuk area bangku.

Penggunaan Reclining Seat Jadi Prioritas

Sekedar tambahan informasi, sebetulnya penerapan reclining seat di dalam kendaraan baik bus, pesawat, kereta, dan sebagainya ternyata memicu pro dan kontra. Pasalnya acap kali sejumlah penumpang mengeluh area duduknya terganggu oleh penumpang lain yang ada di depannya karena terlalu merebahkan sandaran.

Namun kendala di atas pada dasarnya tergantung dari bagaimana layout bangku secara keseluruhan. Maksudnya ketika bus mengusung pola penataan kursi bus pariwisata yang terlalu berhimpitan masalah tadi mungkin akan ditemukan. Tidak demikian jika penataannya tepat khususnya untuk jarak antara tiap barisan.

Jumlah Kursi Penumpang Yang Umum Diterapkan

Ketika sebelumnya kita bicara soal penataan seat yang turut menentukan kenyamanan maka jumlah kursi penumpang bisa dikatakan berpengaruh, bisa juga tidak. Alasannya karena untuk urusan total ketersedian bangku disesuaikan dengan ukuran bodi bus.

Secara ringkas ukuran bus terbagi menjadi dua yakni Medium dan Besar. Kurang lebih kami yakin anda sudah mengetahuinya. Pada bus berukuran medium jumlahnya ada yang 25, 27, 29, dan 31 seats. Terkadang ada juga medium bus yang hadir bersama total kursi penumpang hingga 39 seats. Lalu untuk jumlah 40 seats ke atas cenderung dikategorikan bus besar alias big bus.

Jumlah Kursi Penumpang Yang Umum Diterapkan

Lebih spesifik lagi unit berukuran besar dibuat dengan jumlah kursi bus pariwisata mulai dari 40, 43, 44, 47, dan jumlah paling banyak yang bisa kita jumpai adalah 59 seats.

Selain dua ukuran tersebut anda tentu menyadari terdapat satu lagi ukuran lainnya yakni Minibus. Akan tetapi kita lebih akrab menamainya memakai istilah mobil travel sehingga kita pun tidak memasukannya sebagai anggota keluarga bus.

Di berbagai agen sewa kendaraan minibus yang ditawarkan biasanya adalah tipe Hiace dan Elf (long dan short) berkapasitas 15 hingga 19 seats.

Pola Penerapan Kursi Bus Pariwisata

Jika diperhatikan penerapan kursi bus pariwisata hanya terdapat 2 pola berbeda. Terbagi menjadi formasi 2 – 2 dan 2 – 3. Perbedaan ini paling sering kita temukan pada bus berukuran besar.

Dengan menerapkan formasi 2 – 3 sebuah big bus mampu menampung penumpang hingga kapasitas maksimal yakni 59 orang.

Jelas formasi dengan banyak tempat duduk ini hanya memberikan ruang gerak terbatas yang artinya kenyamanan pun agak dikesampingkan. Karena itu tak mengherankan bila big bus berpola kursi penumpang 2 – 2 dinilai lebih nyaman dan disebut sebagai model eksekutif.

Pola Penerapan Kursi Bus Pariwisata

Meski punya nilai minus, tetapi formasi seats 2 – 3 di sisi lain menawarkan kelebihan tersendiri. Jika anda menyewanya sadar atau tidak daya tampung yang lebih besar akan menjadi sebuah faktor penghematan. Bayangkan saja jumlah peserta perjalanan sebanyak 59 orang bisa angkut sekaligus mengandalkan satu unit saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Telepon Sekarang!
Contact Person Ambil Diskon Rp 1.000.000 Di WA
Back To Top